INSTALASI DHCP SERVER PADA LINUX DEBIAN

Gambar
nstalasi dan Konfigurasi DHCP Server pada Debian 8 di Virtual Box Posted on November 8, 2016 by loraanisya DHCP adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan yang sama. DHCP terdiri dari DHCP Server dan DHCP Client. DHCP Server berfungsi sebagai Server yang membagi atau meminjamkan alamat IP kepada host, sedangkan host yang mendapat pinjaman IP dari DHCP Server tersebut biasa disebut DHCP Client. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi DHCP Server dengan menggunakan debian 8 yang berjalan pada VirtualBox, dan DHCP Server akan memberikan IP secara otomatis kepada DHCP Client yang menggunakan windows XP. Bukalah VirtualBox setelah itu pilih pengaturan. Di dalam pengaturan pilihlah tab Jaringan/network dan aturlah sesuai dengan ketentuan sebagai berikut : DHCP Server Debian 8 Adapter 1 Aktifkan Enable Network Adapter Kemudian pada bagian Attache

Teknik Keamanan Nirkabel

Karena arus gelombang radio dalam jaringan nirkabel, mudah bagi penyerang untuk memantau dan menyerang data tanpa harus ke dalam jaringan. Penyerang mendapatkan akses ke jaringan dalam jangkauan yang tidak dilindungi. Seorang teknisi harus tahu bagaimana untuk mengkonfigurasi titik akses nirkabel dan kartu antarmuka jaringan (NIC) keamanan.

Ketika menginstal layanan nirkabel , anda harus menerapkan teknik keamanan nirkabel untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke jaringan.

Seorang penyerang dapat mengakses data saat dikirimkan melalui sinyal radio. Sebuah system enkripsi nirkabel dapat digunakan untuk mencegah yang tidak diinginkan dan pengunaan data dengan pengkodean informasi yang tidak dikirimkan. Kedua ujung setiap link harus menggunakan standar enkripsi yang sama. Tingkat keamanan yang di jelaskan disini :

· Wired Equivalent Privacy (WEP)
Keamanan standar generasi pertama untuk wireless. Penyerang dengan cepat menemukan bahwa enkripsi WEP mudah untuk diserang. Kunci enkripsi yang digunakan untuk menyandikan pesan dapat dideteksi oleh program pemantauan. Setelah kunci diperoleh, pesan dapat dengan mudah diterjemahkan.

· Wi-Fi Protected Access (WPA)
Sebuah versi perbaikan dari WEP. Itu diciptakan sebagai solusi sementara sampai 802.11i (sebuah lapisan keamanan untuk system nirkabel) sepenuhnya dilaksanakan. Sekarang 802.11i telah diratifikasi. WPA2 telah dirilis. Ini mencakup standar 802.11i keseluruhan.

· Lightweight Extensible Authentication Protocol (LEAP)
Juga disebut EAP-Cisco, yaitu sebuah protocol keamanan nirkabel yang dibuat oleh Cisco untuk mengatasi kelemahan WEP dan WAP. LEAP adalah pilihan yang baik ketika menggunakan peralatan Cisco dalam hubungannya dengan system operasi seperti Windows dan Linux.

Wirelees Transport Layer Security (WTLS) adalah lapisan keamanan yang digunakan dalam perangkat mobile yang menggunakan Protokol Aplikasi Nirkabel (WAP). Perangkat mobile tidak memiliki banyak bandwith cadangan untuk protocol keamanan. WTLS dirancang untuk memberikan keamanan untuk WAP perangkat secara bandwith efisien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 2 MATERI SISTEM OPERASI DASAR (Untuk kelas x tkj 1 dan 2)

Information Technology Infrastructure Library